STANDAR
1. Visi, Misi, Tujuan, dan Sasaran serta Strategi Pencapaian
Persaingan global menuntut perbaikan kualitas proses pendidikan disertai dengan upaya peningkatan relevansinya sesuai dengan tuntutan jaman. Perubahan kondisi sosial masyarakat menuntut beberapa perubahan pada visi, misi, tujuan dan sasaran yang akan dicapai serta strategi untuk pencapaiannya. Jelaskan mekanisme penyusunan visi, misi, tujuan dan sasaran program studi, serta pihak-pihak yang dilibatkan.
1.1. Mekanisme Penyusunan Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran Program Studi
Perumusan visi dan misi melibatkan unsur civitas akademika khususnya dosen dan staf kependidikan serta memperhatikan kepentingan dan pandangan dari stake holders. Visi, misi, tujuan dan sasaran PS IK adalah selaras dengan visi, misi dan tujuan Jurusan PSPK dan visi, misi, tujuan dan sasaran Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (Kode dokumen 1070001000), serta Universitas Brawijaya (Renstra UB).
Mekanisme penyusunan visi, misi PS IK adalah sebagai berikut :
- Pembentukan tim ad-hoc penyusun visi, misi, tujuan, dan sasaran PS IK beserta Renstra PS yang melibatkan unsur pimpinan PS IK.
- Benchmarking melalui dokumen yang diperoleh dari website, workshop, lokakarya maupun sumber lain yang terkait dengan bidang kelautan
- Penjaringan gagasan dari setiap laboratorium, dosen, staf kependidikan, mahasiswa, dan stake holders
- Perumusan dan pembahasan draft visi, misi, tujuan dan sasaran di Jurusan melalui rapat seluruh dosen
- Pemaparan draft visi, misi, tujuan dan sasaran di kalangan civitas akademika serta stake holdersmelalui lokakarya
- Kaji ulang dan perbaikan visi, misi, tujuan dan sasaran PSIK dengan mempertimbangkan masukan yang diperoleh
- Penetapan visi, misi, tujuan dan sasaran PS IK yang telah disetujui dan disahkan dalam rapat seluruh dosen selanjutnya disosialisasikan keseluruh civitas akademika baik secara langsung maupun melalui web UB, FPIK , Jurusan PSPK, dan Prodi IK untuk dapat digunakan sebagai pedoman pengembangan serta penentuan arah kebijakan program studi.
Selain dosen dan staf kependidikanyang dilibatkan dalam penyusunan visi, misi, tujuan dan sasaran Program Studi IK yang dibentuk dalam tim ad-hoc penyusun dan tim pengembangan kurikulum, maka mahasiswa juga dilibatkan. Aspirasi mahasiswa tersebut ditampung pada pertemuan dengan mahasiswa dalam bentuk saresehan yang dihadiri oleh perwakilan mahasiswa setiap angkatan, anggota dan pimpinan Himpunan Mahasiswa Jurusan PSPK. Sebagai program studi yang masih muda, dalam penyusunan visi, misi, tujuan, dan sasaran Prodi IK melibatkan alumni namun yang berasal dari satu Jurusan PSPK, dalam hal ini Prodi PSP dijaring melalui dialog langsung pada kegiatan akbar Jurusan PSPK dan pertemuan alumni maupun melalui tracer study. Gagasan dan masukan stakeholder juga ditampung melalui diskusi pada saat stakeholder diundang sebagai dosen tamu dan pembicara berbagai lokakarya yang diadakan jurusan. Visi, misi, tujuan, dan sasaran PS IK ditinjau secara intensif mengikuti perkembangan ilmu dan tuntutan masyarakat. |
1.2 Visi Program Studi
Visi PS IK adalah menjadikan Prodi Ilmu Kelautan unggul yang berstandar internasional dan mampu berperan aktif dalam pembangunan bangsa melalui pendididkan, penelitian, dan pengabdian masyarakat dalam bidang kelautan yang berwawasan lingkungan[u1] .
|
1.3 Misi Program Studi
Misi PS IK yaitu :
- Menyelenggarakan proses pendidikan dan mengaplikasikan secara efektif ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni (IPTEKS) kelautan guna menghasilkan sarjana/ ahli yang bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berjiwa enterpreneur, mempunyai wawasan dan kemampuan akademik serta teknis yang diperlukan untuk memecahkan permasalahan bidang kelautan berdasarkan kompetensi eksplorasi dan eksploitasi non ikan, oceanografi, serta konservasi sumberdaya pesisir dan kelautan.
- Menyelenggarakan kegiatan penelitian untuk mengembangkan, menggali, menghasilkan, dan memperkaya IPTEKS bidang eksplorasi dan ekploitasi non ikani, oceanografi, serta konservasi sumberdaya pesisir dan kelautan yang berkelanjutan.
- Menyelenggarakan pelayanan dalam pendidikan/ pelatihan, penelitian, dan pengabdian serta pemberdayaan masyarakat (stakeholder) di bidang eksplorasi dan ekploitasi non ikani, oceanografi, serta konservasi sumberdaya pesisir dan kelautan yang berkelanjutan.
|
1.4 Tujuan Program Studi
Menghasilkan sarjana kelautan yang profesional, berperilaku mulia dan berjiwa enterpreneur, dengan kriteria sebagai berikut:
- Berjiwa Pancasila, mempunyai integritas dan kepribadian yang tinggi.
- Bersifat terbuka dan tanggap terhadap perubahan dan kemajuan Ilmu Pengetahuan Teknologi dan Seni (IPTEKS) dalam bidang perikanan dan kelautan.
- Menguasai dasar-dasar ilmiah dalam bidang ilmu kelautan yang berwawasan lingkungan dan berjiwa enterpreneur sehinga mampu merumuskan dan menyelesaikan masalah-masalah bidang kelautan.
- Menerapkan pengetahuan dan keterampilan teknologi kelautan yang dimilikinya sesuai dengan bidang kompetensinya dalam kegiatan produktif, inovasif dan pelayanan kepada masyarakat.
- Mampu mengintegrasikan bidang keahlian baik di dalam maupun di luar bidang kelautan.
|
1.5 Sasaran dan Strategi Pencapaiannya
Sasaran:
– Menargetkan jumlah lulusan tepat waktu sebesar 15 % mahasiswa lulus dengan masa studi ≤ 4 tahun (rata-rata IPK 3,0) pada 2012
– Peningkatan jumlah PKM mahasiswa PS IK yang mendapat pendanaan
– Pengiriman delegasi mahasiswa dalam pertemuan tahunan himpunan (HIMITEKINDO);
– Meningkatkan jumlah penelitian mahasiswa yang sebagai bagian dari penelitian dosen PS-IK dari 5 mahasiswa menjadi 15 mahasiswa;
– Menyelenggarakan seminar/lokakarya atau pertemuan ilmiah nasional setiap tahun dengan tema utama “Aplikasi teknologi kelautan dalam pengelolaan sumberdaya pesisir dan laut secara berkelanjutan ”
– Menyelenggarakan pertemuan perwakilan alumni setiap tahun untuk menggali masalah-masalah alumni di bidang perikanan dan kelautan;
– Membangun kerjasama dengan institusi yang berskala nasional dan internasional
Target tersebut diupayakan dicapai dalam kurun waktu empat tahun kedepan. Kegiatan ini diiringi dengan peningkatan jumlah penelitian dan pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh dosen bersama mahasiswa.
– Tabel 1.1.5. Pentahapan sasaran yang ingin dicapai PS IK
No
|
Sasaran
|
Baseline
TS-3 2008
|
Sasaran
Th. 2012
|
Sasaran
2014
|
1. |
Sertifikat ISO 9001:2008 |
–
|
V
|
V
|
2. |
Jumlah lulusan dengan masa studi < 4tahun |
–
|
30%
|
40%
|
3. |
Rata-rata IPK lulusan |
–
|
3,00
|
3,15
|
4. |
Jumlah PKM mahasiswa yang didanai |
1
|
2
|
4
|
5. |
Prestasi mahasiswa dalam berbagai kegiatan ilmiah, minat dan bakat |
1
|
2
|
4
|
6. |
Jumlah dosen yang bergelar doktor |
7
|
9
|
12
|
7. |
Jumlah kerjasama dengan stakeholder |
2
|
4
|
6
|
8. |
Jumlah penelitian dosen yang didanai oleh dana hibah |
2
|
3
|
4
|
9. |
Jumlah pengabdian masyarakat yang didanai oleh dana hibah |
1
|
2
|
3
|
10. |
Jumlah karya tulis ilmiah dosen yang dipublikasikan |
1
|
2
|
3
|
Strategi pencapaian sasaran tersebut tercakup dalam program kerja PS IK yang meliputi enam bidang pengembangan yaitu[u2] :
- Bidang Organisasi dan Manajemen,
- · melakukan pengembangan sistem penjaminan mutu
- · penyusunan prosedur tetap operasional
- Bidang Pengembangan Pendidikan dan kemahasiswaan
- · meningkatkan kualitas PBM dengan mengadakan kuliah-kuliah tamu dengan pengajar dari luar universitas bahkan luar negeri.
- · Merencanakan pengembangan kurikulum yang dilakukan dengan cara standarisasi kurikulum internasional, tracer study bahan ajar untuk mendukung ketercapaian kompetensi lulusan yang dibutuhkan pasar kerja nasional dan internasional, dan pengintegrasian kebutuhan stakeholders pada mata kuliah untuk mencapai kompetensi lulusan yang dibutuhkan stake holder.
- · memperbaiki kualitas proses belajar mengajar dengan menerapkan konsep student center learning, serta belajar berdasarkan masalah (problem based learning), melakukan up-dating bahan ajar, kemudahan akses bahan ajar oleh mahasiswa, peningkatan jumlah buku ajar, handout, modul kuliah dan praktikum yang diterbitkan dosen.
- meningkatkan mutu dan kuantitas interaksi kegiatan akademik (PA, PKL, skripsi) dan non akademik (sarasehan, olah raga, pameran dan lain-lain) antara dosen dengan mahasiswa dan mahasiswa dengan civitas akademik lainnya
- · pengembangan soft-skills mahasiswa dengan pembinaan penalaran, minat dan bakat dengan memberikan kesempatan mengikuti kegiatan ekstrakurikuler kampus atau ikut serta dalam lomba-lomba yang diadakan diluar kampus.
- Bidang Pengembangan Penelitian,
- Melakukan sinergi riset-riset dibawah payung penelitian sehingga lebih optimal dimanfaatkan bagi pengembangan ilmu terkait.
- Meningkatkan relevansi penelitian terhadap daya guna bagi kebutuhan masyarakat dan dunia kerja
- Meningkatkan kerjasama penelitian dengan stakeholders
- Meningkatkan publikasi internasional dengan mengadakan pelatihan penulisan ilmiah dan didukung oleh fakultas serta universitas memberikan insentif bagi peneliti yang mempublikasikan artikelnya di jurnal internasional yang bermutu.
- Bidang Pengabdian Kepada Masyarakat,
- menyelenggarakan berbagai kegiatan pengabdian masyarakat melalui kerjasama dengan CSR (corporate social responsibility)
- memberikan informasi dan aplikasi teknologi kelautan kepada masyarakat melalui pusat pelayanan informasi kelautan (misalnya: transplansi karang, konservasi, GIS, data remote sensing, dan lain-lain)
- memberikan kontribusi terhadap pembangunan masyarakat pesisir melalui kegiatan pengabdian masyarakat bertema konservasi sumberdaya pesisir dan laut
- Bidang Pengembangan Kerjasama Institusional
Mengembangkan kerjasama institusional dengan berbagai pihak baik dalam maupun luar negerimenuju pencapaian kualitas institusi berstandar internasional dengan cara :
- melakukan kerjasama riset dengan baik dengan lembaga maupun institusi pendidikan lainnya.
- menjalin kerjasama yang melembaga dengan berbagai instansi di Indonesia dan luar negeri untuk meningkatkan serta menjamin keberlanjutan kualitas dan produktivitas PBM
- Bidang Penunjang Penyelenggaraan Jurusan.
– Pengembangan dalam penerapan data online untuk kecepatan, akurasi dan efisiensi dan layanan serta tertib administrasi.
- Meningkatkan penataan dan pengembangan sarana teknologi informasi untuk menunjang peningkatan mutu PBM
- Pengembangan dalam penerapan teknologi informasi untuk kecepatan dan efisiensi layanan
- Penataan organisasi untuk mendukung peningkatan mutu layanan dan efisensi untuk menjamin mahasiswa dapat lulus tepat waktu.
- Perbaikan birokrasi (peraturan akademik) untuk menjamin mahasiswa dapat lulus tepat waktu.
- Menyiapkan fasilitas tracer study dengan komunikasi yang lebih intensif melalui internet (email khusus yang dapat diakses oleh semua civitas akademika, website Jurusan PSPK dan lain-lain).
|
2. Sosialisasi
Upaya sosialisasi serta pemahaman civitas akademika dan tenaga kependidikan tentang visi, misi dan tujuan program studi, dilakukan melalui:
- Penyebaran informasi melalui website http://www.kelautan.ub.ac.id dan http://www.fpik.ub.ac.id yang dapat diakses oleh seluruh civitas akademika.
- Rapat-rapat rutin dosen yang dilakukan setiap dua minggu setiap bulannya.
- Penyampaian pada awal dan akhir perkuliahan yang dilakukan di oleh setiap dosen PSPK
- Sarasehan dosen dan mahasiswa yang dilakukan setiap semester.
- Pertemuan setiap bulan antara pimpinan Jurusan PSPKdengan tenaga administrasi, teknisi dan tenaga penunjang lainnya.
- Pertemuan dengan mahasiswa baru yang diadakan pada awal semester
- Pemasangan banner dan penyebaran brosur FPIK.
- Cetak buku pedoman pendidikan FPIK,
- Cetak leaflet, pamflet dan sejenisnya untuk disebarkan ke SMU di Jawa Timur melalui kegiatan promosi FPIK
- Mengikuti pameran pendidikan di Jakarta melalui promosi UB
|
Pemahaman dosen terhadap visi, misi dan tujuan program studi sudah baik karena perumusan visi, misi maupun tujuan adalah juga melibatkan dosen. Setiap pertemuan/rapat juga selalu diingatkan kembali. Demikian juga pada tenaga kependidikan yang perilaku kerjanya menyesuaikan dengan tuntunan pencapaian visi, misi dan tujuan PS. Sedangkan pada mahasiswa pada angkatan yang lebih tinggi pemahaman cukup baik walaupun pada mahasiswa baru masih kurang baik, oleh sebab itu pemahaman perlu lebih diperdalam dengan banyak memberikan sosialisasi pada kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa baru (PK2 MABA) yang berlangsung selama dua semester.