Program Studi Ilmu Kelautan | Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan
Ditulis pada tanggal 22 Juli 2016, oleh admin

logo

Lambang Himalaya terdiri dari :

    1. Tulisan IK                         : Merupakan singkatan dari Ilmu Kelautan.
    2. Warna Merah                  : Memiliki arti berani.
    3. Warna Hitam                   : Memiliki arti bijaksana, kekal dan abadi.
    4. Warna Biru Tua dan Biru Muda          : Memiliki arti tingkat strata senior dan junior dalam  satu keluarga Ilmu Kelautan yang saling  menghargai dan menghormati.
    5. Ombak Melingkar          :
          • Memiliki arti mahasiswa Ilmu Kelautan dalam satu keluarga.
          • Melingkar ibarat bumi, berarti ilmu yang ada di Kelautan mencakup sangat luas .

Kabinet “Biru Bersatu”

Filosofi:

HIMALAYA ialah suatu Himpunan mahasiswa dalam ranah Program Studi Ilmu Kelautan yang menghimpun dan memfasilitasi segala civitas mahasiswa Program Studi Ilmu Kelautan, dan saling bekerjasama satu sama lain dengan menjunjung kebersamaan serta asas kekeluargaan secara bersama untuk membangun dan menjaga Ilmu Kelautan serta Laut Indonesia kearah yang lebih baik lagi.

Profil

HIMALAYA atau kepanjangan dari Himpunan Mahasiswa Ilmu Kelautan Universitas Brawijaya ialah suatu Himpunan dari mahasiswa Program Studi Ilmu Kelautan di Universitas Brawijaya – Malang yang dibentuk dan berdiri untuk menhimpun serta mewadahi segala bentuk civitas mahasiswa Program Studi Ilmu Kelautan. HIMALAYA berada dibawah kepengurusan serta beranggotakan dari Mahasiswa Program Studi Ilmu Kelautan Universitas Brawijaya.  Himalaya adalah organisasi yang bersifat kekeluargaan dan independen dalam setiap pemikiran dan kooperatif dalam menjalankan kegiatan-kegiatannya. Prinsip Himalaya adalah nilai religius, kemanusiaan, keadilan, profesionalitas dan  menjunjung tinggi intelektual serta kekeluargaan.

HIMALAYA bertujuan untuk :

    1. Terbentuknya mahasiswa yang beriman dan bertakwa  kepada Tuhan Yang Maha Esa.
    2. Terbentuknya mahasiswa yang mempunyai kepedulian sosial dalam masyarakat umum, khususnya masyarakat pesisir.
    3. Menampung dan berusaha mewujudkan kebebasan aspirasi mahasiswa Program Studi Ilmu Kelautan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Universitas Brawijaya.
    4. Menjadi sarana pengembangan potensi diri mahasiswa Program Studi Ilmu Kelautan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Universitas Brawijaya yang menunjang bidang akademik maupun non akademik.
    5. Terwujudnya jalinan persaudaraan yang erat antar anggota HIMALAYA.

HIMALAYA berfungsi sebagai:

    1. Wadah dan sarana untuk menanamkan dan menumbuh kembangkan rasa cinta terhadap almamater Universitas Brawijaya.
    2. Wadah dan sarana mempererat tali kekeluargaan antar mahasiswa Program Studi Ilmu Kelautan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Universitas Brawijaya.
    3. Wadah dan sarana pertukaran informasi mahasiswa Program Studi Ilmu Kelautan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Universitas Brawijaya.
    4. Wadah dan sarana penyaluran dan perwujudan aspirasi mahasiswa Program Studi Ilmu Kelautan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Universitas Brawijaya.
    5. Wadah dan sarana pengembangan potensi mahasiswa Program Studi Ilmu Kelautan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Universitas Brawijaya yang dapat bermanfaat untuk masyarakat, bangsa dan negara.

Sejarah singkat

Himpunan Mahasiswa Ilmu Kelautan Universitas Brawijaya dibentuk melalui Musyawarah Umum Mahasiswa Program Studi Ilmu Kelautan (MUMP IK) pada tanggal 15 November 2015 di Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Universitas Brawijaya. Pada siding MUMP IK yang pertama pada tanggal 15 November 2015, dipilih saudara Galang Fuji Anarki mahasiswa Program Studi Ilmu Kelautan 2012 sebagai Ketua dari Himpunan Mahasiswa Ilmu Kelautan Universitas Brawijaya periode 2015 – 2016. Pada tanggal 21 Mei 2016 diadakan siding MUMP IK kembali yang menetapkan demisioner saudara Galang Fuji Anarki sebagai Ketua HIMALAYA dan menetapkan saudara Muhammad Zuhal Fikri sebagai Ketua HIMALAYA kedua periode 2016 – 2017 dmenggantikan Galang Fuji Anarki. HIMALAYA berada dibawah bimbingan Bapak  Dhira Kurniawan Saputra,S.Kel.,M.Sc. yang merupakan salah satu dari Dosen di Program Studi Ilmu Kelautan dan HIMALAYA telah secara resmi diakui oleh Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan sebagai salah satu Lembaga berupa Himpunan program studi yang dijelaskan dalam Surat Keterangan (SK) Dekan FPIK pada akhir bulan Mei 2016.

Visi dan Misi

VISI

Menjadikan Himalaya sebagai sebuah organisasi kemahasiswaan yang lebih aktif, yang mempunyai solidaritas tinggi, berintegritas tinggi dan dapat menjadi wadah aspirasi kegiatan bagi mahasiswa Ilmu Kelautan, Universitas Brawijaya

MISI

    1. Meningkatkan prefesionalisme keilmuan akademik mahasiswa Ilmu Kelautan
    2. Meningkatkan rasa cinta mahasiswa dibidang kelautan dan memahami lingkup pesisir melalui kegiatan yang berlandaskan sosial dan lingkungan
    3. Menciptakan Himalaya sebagai wadah yang lebih representatif dalam mengakomodasi aspirasi seluruh anggotanya
    4. Menjalin kerjasama dan aktif membangun relasi dengan pihak-pihak terkait yang berhubungan dengan progam study ilmu kelautan baik internal maupun eksternal
    5. Mempererat silaturahmi keluarga besar Ilmu Kelautan

Hubungan dan Kerjasama

Himpunan Mahasiswa Ilmu Kelautan Universitas Brawijaya (HIMALAYA) hingga saat ini bekerjasama dengan Himpunan Mahasiswa Ilmu dan Teknologi Kelautan Indonesia (HIMITEKINDO) yang dimana berelasi dengan berbagai Mahasiswa Program Studi Ilmu Kelautan di berbagai Universitas di Indonesia. Beberapa program kerja yang dilaksanakan oleh HIMITEKINDO salah satu ialah Peduli Pesisir (PASIR) ialah program kerja yang di merger dan bekerjasama dengan HIMALAYA.

Selengkapnya Kunjungi Website (himalaya.fpik.ub.ac.id)

Back to top